Mengenal Jenis Tuna, Si Torpedo Laut!


Ikan tuna adalah salah satu ikan target favorit bagi para pemancing. Ikan ini adalah ikan laut pelagis, atau ikan yang hidupnya pada permukaan air hingga kedalaham antara 0 sampai 400 meter. Sebagai ikan pelagis, Tuna memiliki kebiasaan hidup bergerombol dalam melangsungkan hidupnya, baik bermigrasi untuk mencari makan ataupun berkembangbiak. Mereka hidup di laut yang beriklim tropis dan di laut subtropis.

Tuna memiliki tubuh sedikit memipih di sisinya dan moncong yang meruncing. Selain itu Tuna adalah perenang handal yang memiliki kecepatan mencapai 77km/jam. Bentuk tubuhnya mirip torpedo maka pantas ikan ini disebut si torpedo laut.

PT Asia Makmur Rejeki

Tuna berasal dari bahasa Latin Thunnus dan termasuk bangsa Thunnini. Tuna terdiri dari beberapa spesies family skombride terutama genus Thunnus. Ikan ini memiliki daging yang berwarna merah muda sampai merah tua tidak seperti ikan pada umumnya yang memiliki daging putih.

Ada lebih dari 48 spesies tuna. Marga Thunnus sendiri memiliki 9 spesies antara lain Thunnus alalunga, albakora; Thunnus albacares, madidihang atau tuna jabrig; Thunnus atlanticus, tuna sirip hitam; Thunnus thynnus, tuna sirip biru Atlantik; Thunnus tonggol, tongkol abu-abu; Thunnus karasicus, tuna karasik.

Disamping itu masih ada beberapa anggota marga lain dari familia Scombridae yang juga digolongkan sebagai tuna. Mereka antara lain Allothunnus fallai; Auxis richei, tongkol lisong; Auxis tongolis, Auxis thazard, tongkol krai; Euthynnus affinis, tongkol como; Euthynnus alletteratus; Euthynnus lineatus; Gymnosarda unicolor; Katsuwonus pelamis, cakalang:Thunnus lineaus.