5 JENIS IKAN LAUT DENGAN DAGING TERLEZAT



Siapa yang tidak suka makan ikan? Hampir semua orang hobi konsumsi ikan. Kandungan gizi yang ada di dalam ikan memang mempunyai banyak kandungan dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti kecerdasan otak, pertumbuhan tulang, meningkatkan daya ingat sampai mempercantik kulit wajah.

Beberapa Jenis Ikan Laut dengan Daging yang Lezat Indonesia memang dikenal kaya akan hasil tangkapan laut yang segar dan bisa dikonsumsi sendiri maupun dijadikan komoditas ekspor. Berbagai hasil tangkapan laut tersebut bisa diolah menjadi rupa-rupa makanan nusantara yang lezat sekali, ini dia beberapa ikan laut dengan daging empuk dan lezat.

PT Asia Makmur Rejeki

1. Ikan Tuna


Siapa yang tidak suka makan daging tuna, ikan laut satu ini menjadi best seller bagi masyarakat Indonesia. Dengan dagingnya yang tebal dan lembut ikan tuna digemari untuk dijadikan olahan makanan seperti kuah pedas, tumis, goreng, maupun dijadikan isian sushi. Ikan tuna dikenal memiliki banyak kandungan protein yang baik untuk tubuh serta rendah lemak sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung. Namun sayangnya karena harganya cukup mahal ikan tuna belum bisa dijadikan asupan konsumsi rutin bagi masyarakat menengah kebawah.

2. Ikan Tongkol


Kemudian ada daging ikan tongkol yang terkenal lembut dan sangat lezat. Ikan tongkol sebenarnya masih satu keluarga dengan tuna, oleh karenanya bentuk tubuh dan warna masih sama. Masyarakat Jawa dan Kalimantan sering mengolah dagingnya untuk masakan dengan cita rasa pedas. Daging ikan tongkol memang mempunyai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah zat besi. Bagi Anda yang merasa kurang sehat karena kekurangan darah merah bisa rutin konsumsi ikan tongkol karena bisa membantu pembentukan sel-sel darah merah untuk keseimbangan tubuh.

3. Ikan Makarel

Anda yang sering nonton drama Korea pasti tak asing dengan nama ikan makarel. Padahal orang Indonesia sendiri masih asing dengan jenis ikan satu ini. Makarel memang sering dijumpai di pasaran dalam bentuk kalengan bukan ikan utuh. Itulah mengapa sebagian orang jarang menemukan makarel . Di dalam daging ikan makarel mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang tinggi. Kandungan tersebut sangat cocok dikonsumsi untuk ibu hamil dan pertumbuhan kecerdasan anak. Anda bisa mengolah dagingnya untuk makanan dengan cita rasa pedas manis seperti balado, pepes atau digoreng.

4. Ikan Kembung

Siapa yang belum pernah makan ikan kembung? daging ikan satu ini dikenal dengan tekstur yang lembut dan lezat sekali jika diolah dengan benar. Ikan kembung masih berada dalam satu keluarga dengan tuna, cakalang, tongkol. Hanya saja bentuknya lebih kecil daripada jenis yang lainnya. Masyarakat Jawa sering mengolah ikan kembung untuk pepes atau masakan pedas berupa pesmol dengan cocolan sambal tomat yang pedas segar. Jangan khawatir harga ikan kembung terjangkau di pasaran, tidak semahal jenis lainnya seperti tuna, tongkol, atau cakalang.

5. Ikan Cakalang

Kemudian ada ikan cakalang dengan dagingnya yang lezat sekali jika dijadikan masakan balado atau rica-rica. Bentuk ikan ini memang lebih besar dan bulat dibandingkan dengan tongkol. Dagingnya pun lebih padat dan kenyal.

Itulah beberapa jenis ikan laut yang dagingnya enak untuk dijadikan masakan nusantara dengan rasa yang khas. Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau Anda bisa membelinya dari pasar ikan yang ambil dari nelayan. Bahkan dagingnya pun lebih segar.